-->

5 Fitur Blog Bermanfaat Namun Jarang Digunakan

Fitur Blog Bermanfaat Namun Jarang Digunakan
Fitur Blog Bermanfaat Namun Jarang Digunakan

Cara-Judan - 5 Fitur Blog Bermanfaat Namun Jarang Digunakan - Setiap blog builder atau CMS pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan dan kekurangan tersebut sebagian besar berada pada fitur-fitur yang mereka berikan kepada para user. Namun, tidak sedikit para blogger yang melalaikan atau meninggalkan fitur tersebut, walaupun sebenarnya fitur tersebut sangat berguna. Kali ini saya coba membahas Fitur Yang Bermanfaat namun Jarang Digunakan. Selengkapnya akan saya coba jabarkan di bawah. Silahkan disimak.

Blog Builder atau biasa disebut juga CMS (Content Management System) adalah sebuah platform yang digunakan untuk membantu atau mempermudah seseorang dalam membangun sebuah situs atau blog. Saat ini ada banyak blog builder yang bertebaran, yang paling sering digunakan adalah Blogger, WordPress, Drupal, dan Joomla. Setiap blog builder tersebut memberikan fitur-fitur yang berbeda-beda kepada penggunanya.

Namun, jika ditelusuri sebenarnya mereka juga memberikan fitur yang sama atau serupa dengan blog builder lainnya. Fitur-fitur tersebut menjadikan blog builder mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, sayang, banyak pengguna mereka yang jarang sekali memanfaatkan fitur tersebut. Kali ini saya coba ulas mengenai fitur yang bermanfaat tersebut, namun jarang digunakan.


Karena saya menggunakan platform Blogger, dan mengingat banyaknya pengguna blogger dibandingkan platform lainnya, maka saya coba ulas mengenai fitur blogger. Namun, untuk pengguna platform lain tetep bisa meneruskan membaca artikel ini. Karena kebanyakan fitur-fitur ini juga dimiliki oleh platform yang lainnya.

FITUR-FITUR BLOG BERMANFAAT YANG JARANG DIGUNAKAN


1. Favicon



Gbr. Favicon

Favicon

  Favicon atau icon ini sangat sering dilupakan oleh sebagian pemilik blog. Padahal favicon ini bisa menjadi identitas dari blog yang dikelola. Favicon adalah gambar kecil yang ditampilkan pada atas browser (biasanya logo) untuk menandai halaman situs tersebut ketika membuka tap lain. Untuk blogger, kalian bisa menngatur ini pada Dashboard > Tata Letak > Favicon.

Untuk format gambar yang digunakan bukan sembarang format, melainkan *.ico (format icon). Untuk mengubah format standar (.PNG, .jpg, .gif) menjadi .ico bisa menggunakan tools converter online atau ada juga yang offline.

2. Pratinjau

Preview Pada Blogger
Preview Pada Blogger

  Pratinjau atau preview adalah sebuah fitur yang akan menampilkan preview dari halaman yang kita edit. Sehingga kita bisa melihat mana yang kurang atau mana yang salah sebelum dipublikasikan kepada Dunia. Fitur ini terdapat pada saat kita membuat post, membuat halaman, dan mengedit template pada blogger. Tempatnya ada di bagian pojok atas kanan tampilan post edit.

3. Jump Break

Jump Break
Jump Break

 Bagi sebagian blogger pemula, mungkin ini sebuah fitur yang asing dan kurang dimengerti kegunaannya. Namun sebenarnya fitur ini sangat bermanfaat. Jika kalian menggunakan template bawaan blogger, pastinya artikel akan ditampilkan penuh. Jika kita settings menampilkan 7 post di homepage (Default) maka pada halaman depan atau homepage akan menampilkan 7 Artikel dari awal hingga akhir.

Tentu akan sangat panjang sekali bukan? Nah disitulah fungsi dari fitur ini, yakni memotong bagian awal saja yang akan ditampilkan pada homepage dan menampilkan tombol "Baca Selengkapnya" untuk menuju halaman postingan kita.

4. Image Property

Img Property
Img Property

Ketika kita masukkan sebuah gambar kedalam sebuah postingan atau halaman, dan kita klik lagi gbar tersebut. Maka akan nampak sebuah pilihan image Property. Didalamnya terdapat kolom Title dan alt. Kolom Title adalah judul yang diberikan pada gambar tersebut, sedangkan ALT adalah teks alternatif yang akan dikeluarkan saat image tidak dapat dimunculkan pada halaman karena koneksi buruk.

5. Tautan Permanen

Tautan Permanen
Tautan Permanen

Fitur ini tersedia untuk blogger, dan untuk wordpress ditampilkan badan bawah judul artikel ketika mengeditnya. Tautan Permanen berada di sisi kiri kolom edit artikel. Atau berada pada sidebar post edit. Fitur ini berfungsi untuk memberikan atau membuat sebuah URL sesuai yang kita inginkan agar mudah diingat. Kita bisa mengatur agar sesuai dengan judul artikel, atau sesuai kebutuhan. Hal ini juga menjadi bagian dari teknik SEO.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Itulah 5 fitur utama yang sangat bermanfaat namun jarang digunakan. Sebagian besar fitur yang disebutkan diatas juga terdapat di platform lain. Namun, mungkin dengan nama atau sebutan yang berbeda. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar. Dan biasakan meninggalkan jejak dengan berkomentar selepas mengunjungi sebuah halaman. Agar si pemilik blog tau Anda telah mengunjungi halamannya.

0 Response to "5 Fitur Blog Bermanfaat Namun Jarang Digunakan"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Adab-Adab yang Sesuai.

- Komentar Sesuai dengan Topik.
- Kritik, Saran, Masukan diterima [RECOMENDED]
- Komentar Yang Tidak Relevan dengan Topik kami Anggap SPAM.
- Komentar Keluar dari Topik [SPAM]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel